Jumat, 13 Januari 2012

When The Stars Goes to America



Deretan foto diatas adalah para pemain bintang yang kini bermain atau dulu pernah bermain di liga sepakbola Amerika atau Major League Soccer (MLS). Beberapa pemain bintang mencoba peruntungan berkarier di negeri Paman Sam.

Pertama kali hal ini dilakukan oleh bintang Brazil yang meraih 3 kali trofi Jules Rimet atau Piala Dunia, Pele. Pemain bernama asli Edson Arantes do Nascimento ini bermain untuk klub New York Cosmos (NYC) pada tahun 1975 sampai 1977. Karier Pele di Amerika berjalan sukses bahkan setiap NYC bertanding, stadion selalu dipenuhi penonton yang hanya ingin melihat aksi seorang Pele. Kesuksesan Pele juga diikuti oleh Johan Cruyff dan Franz Beckenbauer. Cruyff membela Los Angeles Aztecs dan Washington Diplomats. Bahkan Cruyff ketika bersama Washington Diplomats pernah bermain di Indonesia pada tahun 1980. Beckenbauer juga memperkuat NYC pada tahun 1977-1980 serta tahun 1983. Prestasi terbaiknya adalah membawa NYC juara MLS (ketika itu bernama North American Soccer League atau NASL) tiga kali berturut-turut.
Pada akhir 1980-an, distribusi pemain bintang ke Amerika sempat terhenti sejenak sebelum kembali aktif pada pertengahan 1990-an. Pada era ini muncul nama Carlos Valderrama, mantan pemain timnas Kolombia, Jorge Campos, kiper nyentrik asal Meksiko, dan Roberto Donadoni, mantan bintang AC Milan dan timnas Italia lalu disusul mantan kapten timnas Jerman, Lothar Matthaus pada tahun 2000 ketika memperkuat New York/New Jersey MetroStars.
Tidak Berhenti sampai di situ, bahkan seorang David Beckham pun mencoba berkarier di Amerika dan bergabung dengan Los Angeles (LA) Galaxy pada tahun 2007 hingga sekarang. Langkah Beckham juga diikuti Thierry Henry, Freddie Ljungberg, dan Robbie Keane. Henry bergabung dengan New York Red Bulls. Ljungberg menuju kota Seattle dan bergabung dengan Seattle Sounders. Keane sendiri mengikuti jejak Beckham dan bergabung dengan LA Galaxy.
Ada beberapa alasan dari pemain bintang yang ingin mencoba mencari rezeki di negara yang sekarang dipimpin oleh Barack Obama itu. Yang pertama adalah tawaran menggiurkan berupa gaji yang besar. Inilah yang diduga menjadi alasan Robbie Keane untuk bermain di MLS. Yang kedua adalah memperluas jaringan seperti yang dilakukan David Beckham. Ia bersama sang istri, mantan personel Spice Girls, Victoria sering menjalin hubungan dengan beberapa artis Hollywood contohnya adalah Tom Cruise. Kepindahan Beckham ke Amerika juga didasari oleh keinginan sang istri yang ingin mencoba berbisnis di sana. Yang ketiga adalah ingin memperkenalkan sepakbola di Amerika kepada dunia. Itulah yang dilakukan pemain-pemain seperti Pele, Johan Cruyff, serta Franz Beckenbauer. Sepakbola di Amerika berkembang dengan pesat setelah ketiga pemain itu bermain bola di sana.
Akan banyak lagi pemain bintan yang akan mencoba mencari penghasilan di MLS. Sekedar menyelamatkan karier atau hanya ingin tetap eksis?

0 komentar:

Posting Komentar

 
;