Senin, 25 Juli 2011

Uruguay Raja Amerika Selatan



Bukan Brazil, bukan juga Argentina. Melainkan Uruguay yang menjuarai Copa America (CA) 2011. Uruguay sendiri tampil fantastis di final setelah mengalahkan Paraguay 3-0 di stadion El Monumental di Buenos Aires. Gelar juara ini memastika tim Biru Langit menjadi pengoleksi gelar CA terbanyak yaitu 15 kali mengalahkan Argentina yang mengoleksi 14 gelar juara. Perjalanan La Celeste menuju final penuh dengan liku-liku. Di fase grup sendiri, Uruguay sendiri hanya sekali menang melawan Meksiko dan dua kali seri melawan Peru dan Chili. Di perempatfinal Uruguay secara dramatis menghempaskan tuan rumah Argentina lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Di semifinal, mereka bertemu kuda hitam Peru yang menahan seri La Celeste di fase grup. Namun, Luis Suarez menjadi pahlawan dengan menyarangkan dua gol ke gawang tim Peru yang memastikan langkah La Celeste ke final dan bertemu Paraguay.



Uruguay sendiri sebenarnya merupakan tim asal Amerika Selatan pertama yang menjadi juara Piala Dunia (PD) yaitu pada tahun 1930 yang juga merupakan PD edisi pertama ketika menjadi tuan rumah lalu disusul gelar kedua pada tahun 1950 ketika mengalahkan Brazil yang kebetulan adalah tuan rumah. Setelah itu, tim Biru Langit seakan tidur panjang atau tidak lagi menunjukkan geliatnya di pentas dunia. Meskipun tidak lagi menjadi juara dunia, Uruguay masih menunjukkan tajinya di ajang CA dimana La Celeste sebelum menjuarai CA tahun 2011 mengoleksi 14 gelar juara CA bersanding dengan Argentina dan jauh di atas Brazil yang notabene hanya mengoleksi 8 gelar juara.
Uruguay kembali bangkit setelah berhasil mencapai babak semifinal di PD 2010 yang merupakan pencapaian terbaik mereka sejak Piala Dunia 1970 dimana mereka juga mencapai babak 4 besar. Meskipun dikalahkan Jerman di perebutan tempat ketiga, namun pencapaian Uruguay dinilai cukup mengejutkan karena Uruguay sendiri merupakan tim terakhir yang memastikan lolos ke PD 2010 setelah memenangi play-off melawan wakil CONCACAF, Kosta Rika.

Sukses Uruguay sendiri tidak muncul begitu saja. Ada banyak aktor dibalik kesuksesan La Celeste. Antara lain pelatih Oscar Tabarez yang juga sukses membawa Uruguay mencapai babak semifinal PD 2010. Juga ada striker haus gol sekaligus sang playmaker yaitu Diego Forlan dan striker muda asal Liverpool, Luis Suarez yang sekaligus dinobatkan sebagai pemain terbaik sepanjang pagelaran CA. Ditambah lagi sang kapten Diego Lugano yang setia menjaga pertahanan La Celeste.
Tim biru langit pastinya masih akan menghadirkan kejutan-kejutan lainnya terutama jika mereka lolos ke PD 2014 yang juga diselenggarakan di Amerika Selatan tepatnya di Brazil.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;